Yang melatarbelakangi kegiatan PTK ini adalah keadaan nyata rendahnya nilai pelajaraan metematika yang dialami siswa Kelas IX-4 . Hal ini merupakan tantangan bagi peneliti untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Berdasarkan hasil ulangan/tes bahwa hanya 40% siswa yang mendapatkan nilai diata 70 dan sisanya sekitar 60% siswa SMP masih mengalami kesulitan belajar matematika dalam materi Bangun Ruang Tentang Sifat-Sifat Tabung, Kerucut Dan Bola, Serta Menentukan Ukurannya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah Prestasi belajar matematika pada materi sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya siswa Kelas IX-4 SMP dengan menggunakan pendekatan Problem Based Instruction? 2) Apakah pendekatan “Problem Based Instruction “ dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas IX-4 semester Gasal SMP dalam mata pelajaran Matematika materi Sifat-Sifat Tabung, Kerucut Dan Bola, Serta Menentukan Ukurannya ?
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas IX-4 SMP pada semester Gasal Tahun Pelajaran 2009/2010 .
Dari hasil pengamatan peneliti tentang aktivitas dan peningkatan prestasi belajar siswa di Kelas IX-4, ternyata model pendekatan pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Ini dapat peneliti lihat dari beberapa hal sebagai berikut:
1. Siswa dapat mengikuti proses pembelajaran lebih bergairah dan bersemangat;
2. Siswa menjadi konstruktif dalam menemukan pemecahan masalah yang dihadapinya;
3. Tumbuhnya rasa percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapatnya;
4. Meningkatnya rasa tanggungjawab siswa dalam mengikuti pembelajaran;
5. Sangat kurang sekali siswa yang berkeliaran dan maupun mengganggu teman;
6. Pendekatan PBI dapat meningkatkan prestasi belajar sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya atau volumenya.
Dengan demikian berarti model pembelajaran Problem Based Instruction sangat cocok diterapkan dalam proses pembelajaran Matematika tentang sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya siswa Kelas IX-4 di SMP
Anda membutuhkan laporan yang lengkap. Silahkan klik here.
Silahkan yang membutuhkan contoh PTK Lengkap dengan berbagai Macam Model Dan Metode Pembelajaran yang bisa digunakan sebagai referensi dalam pembuatan karya ilmiah dan juga sebagai referensi untuk kenaikan pangkat, bapak/ibu guru tidak usah bingung dengan teori teori model dan metode pembelajaran, semua tingkat ada, PLUS JASA BIMBINGAN PEMBUATAN PTK DAN PTS Insya Alloh sangat bermanfaat. Untuk Pemesanan Bisa hubungi 085797510051
BalasHapus