Rabu, 10 Agustus 2011

Proposal dan Laporan PTK Bimbingan Konseling: UPAYA MENINGKATKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SERTA KAITANNYA DENGAN KESEHATAN MENTAL SISWA SMP

Masalah kesehatan mental siswa, bimbingan konseling yang terdapat di sekolah bertujuan untuk menghilangkan faktor-faktor yang menimbulkan gangguan jiwa klien, sehingga dengan demikian ia akan memperoleh ketenangan hidup rohaniyah yang sewajarnya sebagai yang diharapkan. Untuk itulah seorang konselor harus bisa menjadikan siswa lebih bersemangat dalam belajar dan memberikan motivasi/spirit agar siswa tidak merasa jenuh dan stres dalam menghadapi mata pelajaran dan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Seorang konselor juga harus bisa memastikan murid yang bermasalah, agar tidak memberikan dampak yang buruk kepada murid yang lain, dan tidak mengganggu dalam proses belajar.

Atas dasar hal tersebut di atas, maka penulis tertarik untuk menyusun penelitian tindakan krlas yang berjudul ” Upaya Meningkatkan Layanan Bimbingan Dan Konseling Serta Kaitannya Dengan Kesehatan Mental Siswa SMP”

Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah a) Bagaimana pelayanan bimbingan dan konseling di di SMP? b) Bagaimana mental (prilaku) siswa SMP tersebut di atas? c) Adakah hubungan antara layanan bimbingan dan konseling dengan kesehatan mental siswa di di SMP?

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Pelayanan bimbingan dan konseling yang terdapat di SMP yaitu baik, karena pelayanan di sekolah SMP terdapat pelayanan Preventif (pencegahan) dan kuratif (penyembuhan). Di mana pada setiap awal tahun penerimaan siswa baru sekolah SMP mendatangkan lembagalembaga penting seperti kepolisian dan psikolog untuk membantu siswa dalam menangani kesulitannya. Selain itu juga, pelayanan BK dilakukan 5 kali dalam seminggu dari hari senin-sabtu kecuali hari jum.at. Sarana pendukungnya pun sudah ada seperti ruangan khusus untuk BK dan buku konsultasi untuk siswa; 2) Mental (prilaku) siswa SMP yaitu baik, hal ini terbukti dari hasil wawancara penulis dengan kepala sekolah dan guru BK. Yang mengatakan bahwa mental (prilaku) siswa SMP secara keseluruhan baik kalau dibandingkan dengan siswa-siswa yang lain. Karena siswa SMP tidak pernah melakukan kekerasan dengan sesama temannya yang sampai melukainya apalagi tawuran dengan sekolah lain. Selain dari hasil wawancara juga dapat dilihat dari hasil penyebaran angket yang disebarkan oleh penulis kepada siswa SMP yang menunjukkan bahwa siswa SMP tidak pernah melakukan hal-hal yang sangat melanggar hukum seperti mengunakan obat-obatan terlarang. Selain itu juga, siswa SMP juga jarang melakukan pelanggaran tata tertib sekolah meskipun ada peraturan yang pernah dan sering dilakukan oleh siswa seperti terlambat masuk sekolah. Hal ini dimungkinkan karena rumahnya jauh dari sekolah atau juga karena bangunnya kesiangan. Hal ini menunjukkan bahwa kesehatan mental (prilaku) siswa SMP sangat baik.

Bagi anda yang ingin contoh proposal atau laporan lengkap klik here. Mudah-mudahan dapat menjadi bahan pelajaran dan renungan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar