Rabu, 10 Agustus 2011

Proposal dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas IPA SD: “PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE INQUIRY DISCOVERY PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD”


Penelitian ini dilakukan merupakan salah satu upaya guna mengatasi kesulitan Siswa dalam penbelajaran IPA. Penelitian ini dibagi dalam 3 silklus, tiap siklus membutuhkan waktu 2 (dua) jam dan setiap akhir siklus dilakukan tes untuk mengetahui tingkat kemampuan Siswa pada setiap materi yang disampaikan.

Hipotesis tindakan yang dikemukakan adalah dengan menggunakan model Inquiry Dicovery dalam pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan (PAKEM), dengan tujuan meningkatkan aktivitas belajar Siswa dalam mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan tentang Gaya Magnet, agar setiap kesulitan Siswa dapat diatasi.

Berdasarkan hasil penelitian model belajar mengajar dengan Inquiry Discovery dalam pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan (PAKEM) sangat baik digunakan karena dapat menumbuhkan motivasi, kreatifitas, serta dapat mengatasi kesulitan dalam proses belajar mengajar Siswa pada mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan tentang Gaya Magnet.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian terhadap tingkat kesulitan Siswa menunjukan perubahan sebesar 86,66%. Pada siklus I kesulitan yang dihadapi oleh Siswa kelas V dalam pembelajaran IPA sebesar 96,66%, tetapi setelah mengalami siklus III dalam selang waktu 3 (tiga) minggu kesulitan yang dihadapi Siswa menurun sampai pada tingkat 3,34%.

Dengan dasar tersebut diatas maka model Inquiry Discovery dalam pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan (PAKEM) cukup layak untuk digunakan dalam pengajaran di Sekolah Dasar, khususnya mata pelajaran IPA.

Contoh proposal dal Laporan selengkapya klik here

2 komentar: