Kamis, 11 Agustus 2011

Proposal dan Laporan PTK Basa Sunda SMP: UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN BAHASA SUNDA MELAUI PEMBELAJARAN PRAGMATIK

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan penulis yang menunjukkan bahwa pada umumnya siswa di SMP masih belum bisa mengaplikasikan keterampilan menggunakan Bahasa Sunda secarai baik dan benar dalam kegiatan sehari-hari terutama untuk berbicara di depan orang banyak. Mereka menganggap bahwa berbicara di depan orang banyak sesuatu yang menakutkan bahkan tidak jarang apabila siswa diberikan tugas di depan kelas, mereka sama sekali tidak dapat mengungkapkan sendiri gagasannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan pembelajaran pragmatis pada mata pelajaran Bahasa Sunda dapat meningkatkan keterampilan Berbicara Siswa Kelas IX B SMP ?

Tujuan umum penelitian ini diajukan untuk mengikuti lomba karya tulis ilmiah dalam pembelajaran. Adapun tujuan khususnya adalah sebagai berikut : 1) Untuk mengetahui apakah pembelajaran pragmatik dapat menunjang kemampuan berbicara (pidato) mengguanakan Bahasa Sunda pada siswa kelas IX SMP ; 2) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara pembelajaran pragmatik dengan keberhasilan berbicara (pidato) mengguanakan Bahasa Sunda pada siswa kelas IX SMP .

Simpulan yang dapat dirumuskan berdasarakan hasil penelitian ini adalah 1) Berdasarkan hasil analisis proses pembelajaran mengalami peningkatan yang berarti setelah penulis melakukan 2 (dua) siklus penelitian dalam empat kali tindakan, sehingga proses belajar mengajar mendapatkan peningkatan hasil yang memuaskan; 2) Pembelajaran pragmatik dapat menunjang keberhasilan berbicara (pidato). Hal ini terbukti setelah penulis mengaitkan pembelajaran pragmatik dalam proses belajar mengajar hampir ³ 80 % siswa memperoleh nilai 80 untuk tes kemampuan berbicara (pidato). Peningkatan ini terjadi pada saat penulis melaksanakan siklus yang kedua; 3) Setelah kegiatan penelitian, terbukti adanya korelasi antara pembelajaran pragmatik dengan kegiatan berbicara (pidato). Ini dapat dilihat dari hasil perbandingan nilai pada siklus 1 dan siklus 2 di kelas uji coba. Pengolahan data tersebut menunjukkan t hitung lebih besar daripada t tabel dan dilihat dari sig 0,05 dan 0,01. ini menunjukkan adanya perbedaan yang berarti.

Anda membutuhkan laporan yang lengkap. Silahkan klik here.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar