Rabu, 10 Agustus 2011

Proposal dan Laporan PTK Matematika SD : MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENGUKURAN MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED INTRUCTION DI KELAS IV SD


Mata pelajaran Matematika merupakan ilmu yang universal yang mengacu kepada perkembangan teknologi, sehingga mata pelajaran matematika mempunyai peranan penting untuk menunjang meningkatkan sumber daya  manusia.

Tugas guru bukan hanya menyampaikan pelajaran semata , tetapi seorang guru dituntut untuk mempunyai kemampuan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.

Keadaan nyata rendahnya nilai pelajaraan metematika yang dialami siswa kelas IV SD merupakan tantangan bagi peneliti untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Hal ini terjadi setiap mengadakan ulangan/tes bahwa hanya 40% siswa yang mendapatkan nilai 6,2, dan 60% siswa SD mengalami kesulitan belajar matematika.

Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul Meningkatkan Pembelajaran Pengukuran Melalui Pendekatan Problem Based Instructional  di kelas IV, SD termyata dapat meningkatkan aktivitas dan  prestasi  belajar siswa. Ini dapat peneliti lihat dari lembar observasi observasi dan hasil postes, yaitu Prosentase aktivitas siswa dari observasi siklus I sebesar  40,71% naik di siklus II menjadi 55,76%, naik sebesar 15,05%. Sedangkan peningkatan prestasi siswa terlihat hasil postes siklus I sebesar  53,40 naik di siklus II menjadi 93,30% atau peningkata sebesar 39,90%. Dan terlihat secara nyata bahwa,  siswa dapat mengikuti proses pembelajaran lebih bergairah dan bersemangat, siswa menjadi konstrutif dalam menemukan pemecahan masalah yang dihadapinya, tumbuhnya rasa percaya diri, meningkatkan rasa tanggungjawab, dan meningkatkan prestasi.

Bagi anda yang ingin laporan lengkap klik here. Mudah-mudahan dapat menjadi bahan pelajaran dan renungan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar