Rabu, 10 Agustus 2011

Contoh Proposal danLaporan PTK IPS SD :PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF

Penelitian ini dilatarbekalangi hasil pengamatan penulis yang menunjukkan bahwa pada kelas tingkat atas (kelas IV, V dan VI) telah terjadi penurunan tingkat kreativitas pada anak (Creativity Drop) sehingga berimplikasi pada penurunan nilai hasil belajar anak dibandingkan dengan prestasi yang dicapai pada  kelas awal (kelas I, II dan III).

Rumusan penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Bagaimana  guru menerapan pendekatan  belajar aktif pada pembelajaran IPS di Sekolah Dasar? (2) Bagaimana  penerapan pembelajaran aktif dalam meningkatkan kreativitas siswa?

Adapun tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk : (1) Meningkatkan kemampuan guru dalam penerapan pendekatan belajar aktif  pada pembelajaran IPS di Sekolah Dasar; (2) Meningkatkan  kemampuan guru dalam penerapan pembelajaran belajar pada pembelajaran IPS di Sekolah Dasar untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Hasil penelitian kelas berdasarkan hasil kajian terhadap seluruh tahapan kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan di kelas IV SD pada mata pelajaran IPS dalam konsep/pokok bahasan perkembangan teknologi transfortasi dengan menggunakan pendekatan pembelajaran belajar aktif, dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi dengan menggunakan pendekatan belajar aktif terbukti berhasil meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan signifikan. Hal ini terlihat dari peningkatan perolehan nilai dan aktivitas pembelajaran siswa yang terus meningkat. Pada prasiklus perolehan nilai siswa  hanya mencapai nilai rata-rata 50,50. Setelah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan belajar aktif terdapat peningkatan yang signifikan, nilai rata-rata siswa pada siklus I mencapai nilai 56,50, pada siklus kedua meningkat lagi menjadi 75,50. Ini mengindikasikan bahwa pelaksanan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada siswa kelas IV SD dengan menggunakan pendekatan belajar aktif pada pokok bahasan atau konsep pembelajaran perkembangan teknologi transportasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sangat efektif dan signifikan.

Untuk memperoleh contoh proposal dan laporan PTK lengkap klik here

1 komentar:

  1. Silahkan yang membutuhkan contoh PTK Lengkap dengan berbagai Macam Model Dan Metode Pembelajaran yang bisa digunakan sebagai referensi dalam pembuatan karya ilmiah dan juga sebagai referensi untuk kenaikan pangkat, bapak/ibu guru tidak usah bingung dengan teori teori model dan metode pembelajaran, semua tingkat ada, PLUS JASA BIMBINGAN PEMBUATAN PTK DAN PTS Insya Alloh sangat bermanfaat. Untuk Pemesanan Bisa hubungi 085797510051

    BalasHapus