Rabu, 10 Agustus 2011

Laporan PTK PAI SD “MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TENTANG KETERAMPILAN BERWUDHU DI KELAS II A SD”

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya prosentase ketercapaian atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) = 65 yang di peroleh siswa kelas II A SD. Dari jumlah siswa 41 orang yang mengikuti tes formatif pada pembelajaran PAI tentang keterampilan berwudhu, hanya 18 orang siswa yang dapat di nyatakan lulus (43,9 %) dan sisanya sekitar 23 orang dinyatakan belum lulus (56,09 %). Data tersebut menunjukan bahwa hasil belajar dalam bahan ajar tersebut dapat di nyatakan belum tuntas. Ketidak tuntasan tersebut terlihat dari bukti prosentase kelulusan seluruh siswa hanya mencapai 43,9 %. Prosentase tersebut jauh dari standar ideal antara 80 % - 100 %. Bahkan prosentase kelulusan tersebut ternyata lebih kecil dari pada prosentase ketidak lulusan. Oleh karena itu untuk masalah tersebut perlu di adakan remedial klasikal. Proses remedal klasikal dalam masalah ini penulis lakukan melalui kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rumusan panelitian ini adalah “Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Tentang Keterampilan Berwudhu Di Kelas II A SD”.


Adapun tujuan Penelitian Tindakan  Kelas ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk mengetahui keefektifan metode demonstrasi dalam meningkatkan minat    belajar siswa terhadap keterampilan berwudhu di kelas 2 SD.
2.      Untuk mengetahui kelebihan metode demonstrasi dalam meningkatkan minat siswa pada pembelajaran keterampilan berwudhu.
3.      Untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan pembelajaran berwudhu di kelas 2 SD.

Hasil penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam 2 siklus dapat di simpulkan sebagai berikut :
1. Selama dilaksanakan PTK tentang “Meningkatkan Minat Belajar Siswa   Melalui Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Tentang Keterampilan Berwudhu Di Kelas II A SD”  telah berlangsung dengan baik dan lancar.
2. Kegiatan pembelajaran PAI tentang keterampilan berwudhu dengan menggunakan metode demonstrasi ternyata cukup efektif terhadap peningkatan minat dan hasil belajar siswa

Bagi anda yang ingin Laporan lengkap klik here.

5 komentar:

  1. kok ngga nyampe semua c,
    HeE" . . . . . .
    Mo bikin bingung ga ada conth.
    tp, makasih yoo udah ada sdkit gambaran ^_^

    BalasHapus
  2. klik here. , kalimat ini kenapa tidak bisa saya buka jawabannya selalu not found

    BalasHapus
  3. MENDING GAK USAH DIPOSTING KALO GAK LENGKAP, KASIHAN YANG UDAH BROWSING, MENGHABISKAN WAKTU......!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  4. kok cuma tulisan aja??
    filenya dmn??

    BalasHapus
  5. Silahkan yang membutuhkan contoh PTK Lengkap dengan berbagai Macam Model Dan Metode Pembelajaran yang bisa digunakan sebagai referensi dalam pembuatan karya ilmiah dan juga sebagai referensi untuk kenaikan pangkat, bapak/ibu guru tidak usah bingung dengan teori teori model dan metode pembelajaran, semua tingkat ada, PLUS JASA BIMBINGAN PEMBUATAN PTK DAN PTS Insya Alloh sangat bermanfaat. Untuk Pemesanan Bisa hubungi 085797510051

    BalasHapus