Kamis, 11 Agustus 2011

Contoh Proposal dan laporan PTK Penjasorkes : ”Upaya Peningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Lompat Jauh dengan Menggunakan Media Bilah Bambu Berwarna dan Bola Gantung di Kelas VIII SMP”

Dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, guru diharapkan mebelajarkan berbagai ketrampilan gerak dasar, teknik dan strategi permainan dan olahraga, internalisasi nilai-nilai (sportifitas, jujur, kerjasama, dan lain-lain) serta pembiasaan hidup sehat. Pada saat pelaksanaan pembelajaran guru dapat melakukan berbagai pendekatan serta menggunakan media pembelajaran yang dapat diciptakan sendiri oleh guru dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia dilingkungan sekolah agar siswa termotivasi dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Jumlah jam yang disediakan untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Penjas Orkes)   di SMP tiap tingkatan kelas sebanyak 2 X 40 menit per minggu atau 2 jam pelajaran per minggu. Adapun ruang lilngkup pendidikan jasmani meliputi  permainan dan olahraga, aktivitas pengembangan, uji diri/senam aktivitas ritmik, aquatik (aktivitas air) dan pendidikan luar kelas.
Peneliti sebagai guru mata pelajaran Penjas Orkes belum merasa puas dengan hasil pembelajara Permainan dan olahraga perorangan cabang olahraga atletik dengan materi pokok Lompat Jauh, di mana aktivitas gerak dan nilai yang dicapai oleh siswa  kelas VIII, hanya mencapai 65 % siswa aktif melakukan unjuk kerja, serta  40 %  dari nilai rata-rata di atas 75 sesuai dengan standar ketuntasan minimal  dalam penilaian prestasi lompat jauh. Hal ini  dikarenakan kurangnya motivasi siswa terhadap olahraga atletik, khususnya nomor lompat jauh sepertinya kurang diminati sehingga prestasi lompatannya pun kurang menggembirakan, tidak seperti pada cabang olahraga permainan, siswa begitu antusias untuk bermain, atau mungkin juga  karena cabang olahraga atletik merupakan olahraga perorangan dan pelaksanaannya harus memerlukan kegiatan  yang berulang ulang dan membosankan  terutama untuk meningkatkan prestasi. Hal ini merupakan tantangan  dan perhatian bagi peneliti untuk  dicarikan solusi agar terjadi peningkatan motivasi siswa dalam belajar Lompat Jauh menjadi  100 %  siswa aktif latihan,  dan prestasi  meningkat menjadi 80 % siswa yang memperoleh nila rata-rata di atas 75.
Berdasarkan uraian di atas dilakukan penelitian tindakan kelas dengan judul ”Upaya Peningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Lompat Jauh dengan Menggunakan Media Bilah Bambu Berwarna dan Bola Gantung di Kelas VIII  SMP”. Hal ini perlu, guna mengetahui kelemahan dan kelebihan dalam kegiatan pembelajaran yang  menggunakan media tersebut.
Contoh proposal dan Laporan selengkapnya klik here.

2 komentar:

  1. terima kasih infonya...
    contoh proposalnya ko g ada link nya...

    BalasHapus
  2. Minta Link nya donk... Lg butuh buat proposal ne...

    BalasHapus