Rabu, 10 Agustus 2011

Proposal dan Laporan PTK Bahasa Indonesia SD: UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS MENYIMAK PADA PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN REMEDIAL TUTOR SEBAYA DI KELAS V SD

Pembelajaran  menyimak pada pelajaran bahasa Indonesia, adalah salah satu pokok bahasan  yang sangat penting. Menyimak butuh sekali konsentrasi penuh dari para pendengarnya. Oleh sebab itu butuh sekali metode pembelajaran yang bisa meningkatkan aktifitas menyimak, selain metode pembelajaran konvensional yang biasanya dilakukan oleh guru. 

Pembelajaran Remedial Tutor Sebaya adalah salah satu metode pembelajaran alternatif yang melibatkan peserta didik berkemampuan tinggi sebagai tutor bagi peserta didik yang berkemampuan rendah. Alternatif pelibatan peserta didik ini diharapkan dapat membantu aktifitas menyimak bagi peserta didik yang kurang konsentrasi dalam belajar.

Prosedur pelaksanaannya dimulai dari data hasil pretes, ini dilakukan untuk menentukan tutor bagi temannya yang lain. Kemudian anak dibuatkan kelompok yang terdiri dari 5 orang satu tutor. Jalannya pembelajaran dipandu oleh satu tutor. Guru hanya melihat jalannya pembelajaran, walaupun sesekali menjadi fasilitator.Hal –hal yang menjadi perubahan dicatat dalam satu jurnal pertemuan. Perubahan demi perubahan ini juga dicatat oleh observer yang ikut mengamati jalannya pembelajaran dengan metode ini. Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya pembelajaran ini dilihat dari hasil postes disetiap pembelajaran berakhir.

Hasil dari penelitian tindakan kelas dengan metode pembelajaran tutor sebaya ini adalah : Aktivitas menyimak meningkat dari 86,8% di siklus I menjadi 94,7% di Siklus II, Sementara rata-rata hasil belajar meningkat dari 52,1 di siklus I, menjadi 62,4 di siklus II.

Bagi anda yang ingin contoh proposal dan laporan lengkap klik here. Mudah-mudahan dapat menjadi bahan pelajaran dan renungan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar